Kamis, 26 Juni 2014

SILABUS K13 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SMP

SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        :  SMP

Kelas                       VII

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
                           
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati empat sifat luhur sebagai hakikat sifat Ketuhanan dalam agama Buddha.





1.2  Menghayati Pancasila Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
2.1  Menghayati identitas agama dan umat Buddha





2.2Mengembangkan perilaku toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan
2.3  Menghayati peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
3.1. Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
4.1    Melaksanakan Pancasila Buddhis dan Pancadhamma

Pancasila-Pancadhamma.
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang materi pembelajaran Pancasila-Pancadhamma
·       Melihat gambar yang berhubungan dengan Pancasila-Pancadhamma

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Pancasila-Pancadhamma

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Pancasila-Pancadhamma

Mengasosiasi:
·       Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Pancasila-Pancadhamma
·       Mencari hubungan antara Pancasila Buddhis dan Pancadhamma

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Pancasila-Pancadhamma

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang Pancasila-Pancadhamma (tugas individu/kelompok)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang Pancasila-Pancadhamma


24 JP








·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VII
·   Buku Pancasila dan Pancadhamma






Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar

3.2.  Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha
4.2.  Membuat lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha

Identitas Agama Buddha
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang  identitas Agama Buddha
·       Melihat gambar gambar yang berhubungan dengan identitas Agama Buddha

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang identitas Agama Buddha,

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan  identitas Agama Buddha,
·       Berkretivitas membuat simbol-simbol agama Buddha

Mengasosiasi:
·       Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang identitas Agama Buddha

Mengomunikasikan:
·        Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain  tentang identitas Agama Buddha, Kriteria Agama Buddha

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang identitas Agama Buddha (tugas individu)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang identitas Agama Buddha
27 JP











·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VII
·   Gambar simbol-simbol Agama Buddha
·   Internet (jika tersedia)





Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar 
3.3.  Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha

Kriteria Agama Buddha dan umat Buddha
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kriteria agama Buddha, dan umat Buddha

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan kriteria Agama Buddha, dan umat Buddha

Mengasosiasi:
·       Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang kriteria agama Buddha, dan umat Buddha (tugas individu)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan kriteria agama Buddha, dan umat Buddha

30 JP





·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VII
·   Wacana Buddha Dharma
·   Vijja Dhamma
·   Internet (jika tersedia)

3.4.Memahami peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma

4.3.Menceriterakan peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
Tujuh Minggu setelah Pencapaian Kebuddhaan
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan Pangeran Siddharta

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pembahasan tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Mengasosiasi:
·       Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan.

27 JP
·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VII
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Buku Riwayat Agung Para Buddha
·   Internet (jika tersedia)



SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI


Satuan Pendidikan        :   SMPN

Kelas                               :   VIII

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
                                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menghayati makna khotbah pertama dalam kehidupan sehari-hari





1.2.  Menghargai jasa para pejuang dhamma
2.1. Menghayati  khotbah pertama dalam kehidupan sehari-hari
2.2.  Menghayati  perilaku tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha





3.1  Mendeskripsikan isi khotbah pertama Buddha
4.1.     Membuat tulisan agama Buddha terkait  isi khotbah pertama Buddha

Khotbah pertama Buddha
Mengamati:
·       Mengamati melalui buku atau sumber lainnya tentang pembabaran khotbah pertama Buddha di Taman Rusa Isipatana
·       Menyimak gambar Dhammek Stupa yang dibangun oleh Raja Asoka

Menanya:
·       Mempertanyakan hal-hal yang belum jelas atau belum dipahami  untuk mendapatkan klarifikasi tentang khotbah pertama Buddha

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Khotbah pertama Buddha

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Khotbah pertama Buddha

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang khotbah pertama Buddha
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang khotbah pertama Buddha

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan khotbah pertama Buddha
27 JP

·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VIII
·   Dhammacakkapavatana Sutta
·   Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.2  Memahami riwayat para siswa utama dan para pendukung Buddha

4.2    Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha


Para Siswa Utama, dan Pendukung Buddha
Mengamati:
·       Mengamati melalui berbagai sumber  tentang para siswa utama dan pendudkung Buddha

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan para  siswa utama dan pendukung Buddha

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pera siswa utama dan pendukung Buddha

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang para siswa utama dan pendukung Buddha (tugas individu/ kelompok)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan para siswa utama dan pendukung Buddha

27 JP








·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VIII
·   Buku Siswa-siswa Utama Sang Buddha
·   Internet (jika tersedia)






Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.3.  Memahami puja, tempat-tempat suci, dan Dharmayatra
4.3       Melaksanakan  puja di tempat-tempat suci dan waktu dhammayatra


Puja dan Tempat Ziarah Agama Buddha
Mengamati:
·       Mengamati melalui berbagai sumber tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
·       Melakukan puja dalam kehidupan sehari-hari

Mengasosiasi:
·       Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang  puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Observasi: Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang puja dan tempat-tempat ziarah  agama Buddha

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
21 JP







·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VIII
·   Buku Puja
·   Gambar tempat tempat suci, dll
·   Internet (jika tersedia)





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.4.  Memahami  sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.
4.4      Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.

Sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengamati:
·       Mengamati melalui berbagai sumber tentang Khotbah sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
·       Membaca buku literatur tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Menanya:
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Khotbah pertama, siswa utama, puja, sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Observasi: Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
27 JP
·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas VIII
·   Sejarah Perkembangan agama Buddha di Indonesia
·   Internet (jika tersedia)



SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI


Satuan Pendidikan        :   SMP

Kelas                              :   IX

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

                                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati perilaku disiplin melakukan meditasi ketenangan batin dalam kehidupan sehari-hari





1.2  Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari

2.1  Memiliki perilaku santun dan peduli, disiplin dalam kehidupan sehari-hari





2.2  Menghargai kewajiban timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat
2.3  Menghargai penegakkan hak  asasi manusia dan kesetaraan gender
3.1  Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender.
4.1.  Membuat tulisan tentang agama Buddha yang terkait dengan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender

Peranan agama Buddha terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang Hak Asasi Manusia
·       Melihat film yang berhubungan dengan hak asasi manusia

Menanya:
·       Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Hak Asasi Manusia.

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Hak Asasi Manusia

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Hak Asasi Manusia

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang hak asasi manusia
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang Hak Asasi Manusia (tugas individu/ kelompok)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan Hak Asasi Manusia

42 JP


·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.2  Mendeskripsikan peranan agama Budha untuk memelihara perdamaian
4.2.  Menceriterakan kisah Buddha untuk menciptakan perdamaian

Agama Buddha untuk perdamaian,
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang peranan agama Buddha terhadap perdamaian

Menanya:
·       Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan peranan agama Buddha untuk terciptanya perdamaian

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian
·       Mencari hubungan sifat malu berbuat jahat dan takut akibatnya dengan terciptanya perdamaian

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang peranan agama Buddha untuk, perdamaian (tugas individu/kelompok)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan peranan agama Buddha untuk  perdamaian
39 JP







·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.3.  Memahami peristiwa Buddha parinibbana
4.3.  Menceriterakan peristiwa Buddha parinibbana

Buddha Parinibbana
Mengamati:
·       Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang peristiwa Buddha Parinibbana
·       Menyimak gambar Buddha Parinibbana

Menanya:
·       Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Buddha Parinibbana

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Buddha Parinibbana

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Buddha Parinibbana

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Buddha Parinibbana
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang Buddha Parinibbana(tugas individu)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan Buddha Parinibbana
24 JP








·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Internet (jika tersedia)




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
3.4.  Memahami cara pengembangan ketenangan batin

4.4.  Mempraktikkan pengembangan ketenangan batin

Pengembangan ketenangan batin
Mengamati:
·       Melihat tayangan gambar/video  tentang praktik pengembangan ketenangan batin

Menanya:
·       Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengembangan ketenangan batin.

Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pengembangan ketenangan batin.
·       Mempraktikkan meditasi dengan objek yang sesuai

Mengasosiasi:
·       Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pengembangan ketenangan batin

Mengomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang pengembangan ketenangan batin
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan

Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang pengembangan ketenangan batin (tugas individu)

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan pengembangan  ketenangan batin
39 JP
·   Buku Teks Pelajaran PAB SMP Kelas IX
·   Buku Meditasi/Bhavana
·   Internet (jika tersedia)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar