SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Kompetensi
Inti :
|
KI
1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI
2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
|
KI
4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan
ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menghayati empat sifat luhur sebagai hakikat
sifat Ketuhanan dalam agama Buddha.
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghayati Pancasila
Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
|
2.1 Menghayati identitas agama dan umat Buddha
|
|
|
|
|
|
|
2.2Mengembangkan perilaku toleransi dalam berinteraksi
dengan lingkungan
sosial dan pergaulan
|
|||||
|
2.3 Menghayati peristiwa
tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
|
|||||
|
3.1.
Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan
Pancadhamma
4.1 Melaksanakan Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
|
Pancasila-Pancadhamma.
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui membaca buku
atau sumber lain tentang materi
pembelajaran Pancasila-Pancadhamma
·
Melihat gambar yang berhubungan
dengan Pancasila-Pancadhamma
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Pancasila-Pancadhamma
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan Pancasila-Pancadhamma
Mengasosiasi:
·
Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Pancasila-Pancadhamma
·
Mencari hubungan antara
Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Pancasila-Pancadhamma
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang Pancasila-Pancadhamma (tugas
individu/kelompok)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang Pancasila-Pancadhamma
|
24 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VII
·
Buku Pancasila dan
Pancadhamma
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.2. Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambang-lambang sebagai identitas agama
Buddha
4.2. Membuat lambang-lambang sebagai identitas agama
Buddha
|
Identitas Agama Buddha
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui membaca buku
atau sumber lain tentang identitas Agama Buddha
·
Melihat gambar gambar yang
berhubungan dengan identitas Agama Buddha
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang identitas Agama Buddha,
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan identitas Agama Buddha,
·
Berkretivitas membuat
simbol-simbol agama Buddha
Mengasosiasi:
·
Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang identitas Agama Buddha
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain tentang identitas Agama
Buddha, Kriteria Agama Buddha
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang identitas Agama Buddha (tugas individu)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang identitas Agama Buddha
|
27 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VII
·
Gambar simbol-simbol Agama
Buddha
·
Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.3. Mengidentifikasi
kriteria agama Buddha dan umat Buddha
|
Kriteria Agama Buddha dan umat
Buddha
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui membaca buku
atau sumber lain tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kriteria agama Buddha, dan umat Buddha
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan kriteria Agama
Buddha, dan umat
Buddha
Mengasosiasi:
·
Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang kriteria Agama
Buddha dan umat
Buddha
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang kriteria agama Buddha, dan umat Buddha (tugas individu)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan kriteria agama Buddha,
dan umat
Buddha
|
30 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VII
·
Wacana Buddha Dharma
·
Vijja Dhamma
·
Internet (jika tersedia)
|
|
3.4.Memahami peristiwa
tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
4.3.Menceriterakan peristiwa
tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
|
Tujuh
Minggu setelah Pencapaian Kebuddhaan
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui membaca buku
atau sumber lain tentang tujuh minggu
setelah pencapaian kebuddhaan Pangeran Siddharta
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang tujuh
minggu setelah pencapaian kebuddhaan
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan pembahasan tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan
Mengasosiasi:
·
Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peristiwa
tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peristiwa
tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan peserta didik tentang peristiwa tujuh
minggu setelah pencapaian kebuddhaan
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan.
|
27 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VII
·
Riwayat Hidup Buddha Gotama
·
Buku Riwayat Agung Para
Buddha
·
Internet (jika tersedia)
|
SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SMPN
Kelas :
VIII
Kompetensi
Inti :
|
KI
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
|
KI
3
|
:
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1. Menghayati makna khotbah pertama dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Menghargai jasa para pejuang
dhamma
|
|||||
|
2.1. Menghayati khotbah pertama dalam
kehidupan
sehari-hari
|
|||||
|
2.2. Menghayati perilaku tanggung jawab
terhadap tempat-tempat Dharmayatra
dan tempat-tempat suci agama Buddha
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan isi
khotbah pertama Buddha
4.1.
Membuat tulisan agama Buddha terkait isi khotbah pertama Buddha
|
Khotbah pertama Buddha
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui buku atau sumber lainnya tentang pembabaran khotbah pertama
Buddha di Taman Rusa Isipatana
·
Menyimak gambar Dhammek
Stupa yang dibangun oleh Raja Asoka
Menanya:
·
Mempertanyakan hal-hal yang belum
jelas atau belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang khotbah pertama Buddha
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan Khotbah pertama
Buddha
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Khotbah pertama Buddha
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang khotbah pertama
Buddha
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang khotbah pertama Buddha
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan khotbah pertama Buddha
|
27 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VIII
·
Dhammacakkapavatana Sutta
·
Wacana Buddha Dharma
·
Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
|
3.2 Memahami riwayat para siswa
utama dan para pendukung Buddha
4.2 Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha
|
Para
Siswa Utama, dan
Pendukung Buddha
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui berbagai sumber tentang para siswa utama dan pendudkung Buddha
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang para siswa utama dan pendukung Buddha
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan para siswa utama dan
pendukung Buddha
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pera siswa utama dan pendukung Buddha
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang para siswa utama dan pendukung Buddha
|
Observasi: mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang para siswa utama dan pendukung Buddha (tugas individu/ kelompok)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan para siswa utama
dan pendukung Buddha
|
27 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VIII
·
Buku Siswa-siswa Utama Sang Buddha
·
Internet (jika tersedia)
|
||
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
|
3.3. Memahami puja, tempat-tempat suci, dan Dharmayatra
4.3 Melaksanakan
puja di tempat-tempat suci dan waktu dhammayatra
|
Puja
dan Tempat Ziarah Agama Buddha
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui berbagai sumber tentang puja
dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja
dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan puja
dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
·
Melakukan puja dalam
kehidupan sehari-hari
Mengasosiasi:
·
Mengasosiasikan
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang puja dan
tempat-tempat ziarah agama Buddha
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang puja
dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
|
Observasi: Mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang puja
dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
|
21 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VIII
·
Buku Puja
·
Gambar tempat tempat suci, dll
·
Internet (jika tersedia)
|
||
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.4. Memahami sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman
Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.
4.4 Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya, zaman penjajahan dan
kemerdekaan.
|
Sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui berbagai sumber tentang Khotbah sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
·
Membaca buku literatur tentang
sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Menanya:
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Khotbah pertama, siswa utama, puja, sejarah penyiaran agama Buddha di
Nusantara
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan sejarah penyiaran agama
Buddha di Nusantara
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
|
Observasi: Mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang sejarah penyiaran agama
Buddha di Nusantara
|
27 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas VIII
·
Sejarah Perkembangan
agama Buddha di Indonesia
·
Internet (jika tersedia)
|
SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas : IX
Kompetensi
Inti :
|
KI
1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI
2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
|
KI
3
|
:
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menghayati perilaku disiplin melakukan meditasi ketenangan batin dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||||
|
2.1 Memiliki perilaku santun dan peduli, disiplin dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menghargai kewajiban timbal balik dalam kehidupan
bermasyarakat
|
|||||
|
2.3 Menghargai penegakkan hak asasi manusia dan kesetaraan gender
|
|||||
|
3.1 Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia
dan kesetaraan gender.
4.1. Membuat tulisan tentang agama Buddha yang terkait dengan Hak Asasi
Manusia dan kesetaraan gender
|
Peranan agama Buddha terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
|
Mengamati:
·
Mengamati melalui membaca berbagai
sumber tentang Hak Asasi
Manusia
·
Melihat film yang berhubungan dengan
hak asasi manusia
Menanya:
·
Mempertanyakan persoalan
yang belum dipahami untuk mendapatkan
klarifikasi tentang Hak Asasi Manusia.
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan Hak Asasi Manusia
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Hak Asasi Manusia
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang hak asasi manusia
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang Hak Asasi Manusia
(tugas individu/ kelompok)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan Hak Asasi Manusia
|
42 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas IX
·
Buku Wacana Buddha Dharma
·
Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.2 Mendeskripsikan peranan agama Budha untuk memelihara perdamaian
4.2. Menceriterakan kisah Buddha untuk menciptakan perdamaian
|
Agama
Buddha untuk perdamaian,
|
Mengamati:
· Mengamati
melalui membaca buku atau sumber lain tentang peranan
agama Buddha terhadap perdamaian
Menanya:
·
Mempertanyakan persoalan
yang belum dipahami untuk mendapatkan
klarifikasi tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan
peranan agama Buddha untuk terciptanya perdamaian
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peranan
agama Buddha untuk perdamaian
·
Mencari
hubungan sifat malu berbuat jahat dan takut akibatnya dengan terciptanya
perdamaian
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peranan
agama Buddha untuk perdamaian
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang peranan
agama Buddha untuk, perdamaian (tugas individu/kelompok)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan peranan agama Buddha untuk perdamaian
|
39 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas IX
·
Buku Wacana Buddha Dharma
·
Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.3. Memahami peristiwa Buddha parinibbana
4.3. Menceriterakan peristiwa Buddha parinibbana
|
Buddha Parinibbana
|
Mengamati:
· Mengamati
melalui membaca berbagai sumber tentang peristiwa
Buddha Parinibbana
·
Menyimak
gambar Buddha Parinibbana
Menanya:
·
Mempertanyakan persoalan
yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi
tentang Buddha Parinibbana
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan Buddha Parinibbana
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Buddha Parinibbana
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Buddha Parinibbana
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan.
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang Buddha Parinibbana(tugas individu)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan Buddha Parinibbana
|
24 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas IX
·
Buku Wacana Buddha Dharma
·
Riwayat Hidup Buddha
Gotama
·
Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.4. Memahami cara pengembangan ketenangan batin
4.4. Mempraktikkan
pengembangan ketenangan batin
|
Pengembangan ketenangan
batin
|
Mengamati:
· Melihat tayangan gambar/video tentang praktik pengembangan ketenangan batin
Menanya:
·
Mempertanyakan persoalan
yang belum dipahami untuk mendapatkan
klarifikasi tentang pengembangan ketenangan
batin.
Mengeksperimen/Mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan pengembangan
ketenangan batin.
·
Mempraktikkan
meditasi dengan objek yang sesuai
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pengembangan
ketenangan batin
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya
tentang pengembangan ketenangan batin
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan membuat laporan
Portofolio:
Menilai laporan/karya peserta didik tentang pengembangan
ketenangan batin (tugas individu)
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan pengembangan ketenangan batin
|
39 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran PAB SMP
Kelas IX
·
Buku Meditasi/Bhavana
·
Internet (jika tersedia)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar