Jumat, 21 Februari 2014

KURIKULUM 2013 SMA


diknas 





KURIKULUM 2013

Sekolah Menengah Atas

MATA PELAJARAN:
PENDIDIKAN AGAM BUDDHA DAN BUDI PEKERTI






KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jakarta, 2013





BAB I
PENDAHULUAN


BAB II
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR



A.    Kompetensi Inti

Isi Kurikulum 2013 dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (Kompetensi Dasar). Kompetensi Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan merupakan kualitas minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk setiap mata pelajaran. Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi pembelajaran, dan ruang lingkup penerapan  kompetensi yang dipelajari.  Jenjang kompetensi dalam KI meningkat untuk kelas-kelas berikutnya, KI tidak memuat konten khusus mata pelajaran tetapi konten umum yaitu fakta, konsep, prosedur,  metakognitif dan kemampuan menerapkan pengetahuan yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Perluasan penerapan kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam KI, dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan global. Dalam desain Kurikulum 2013, Kompetensi Inti berfungsi sebagai pengikat bagi Kompetensi Dasar. Dalam fungsi sebagai pengikat maka setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas harus mengacu kepada Kompetensi Inti.

Kompetensi Inti terdiri atas empat dimensi yang satu sama lain terkait, terdiri atas sikap beragama, sikap personal dan sosial, pengetahuan, dan penerapan pengetahuan masing disebut sebagai KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.. Keempat dimensi tersebut harus tercantum dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP. Lebih lanjut, keempat dimensi tersebut memiliki posisi yang berbeda dalam proses pembelajaran dimana KI 1 dan KI 2 dikembangkan dalam proses pendidikan di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan luar sekolah) dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Sedangkan KI 3 dan KI 4 dikembangkan oleh masing-masing mata pelajaran dalam pendekatan pembelajaran  langsung. 

KI 3 dirancang berfokus pada pengembangan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) dalam jenjang kemampuan kognitif dari mengingat hingga menciptakan. KI 4  merupakan perencanaan kegiatan belajar untuk menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang terintegrasi atau pun terpisah. Terintegrasi mengandung arti bahwa proses pembelajaran KD 3 dan KD 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas, laboratorium mau pun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa pembelajaran mengenai KD 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KD 4.Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten Kompetensi Dasar untuk KI 3 dan Kompetensi Dasar untuk KI 4. 
Kompetensi Inti 1 (KI 1) berkenaan dengan sikap dan perilaku beragama. KI 2 berkenaan dengan sikap personal dan sosial. KI 3 berkenaan dengan pengetahuan dan KI 4 adalah penerapan dari pengetahuan yang dipelajari di KI 3. KI 1 dikembangkan menjadi KD 1, KI 2 dikembangkan menjadi KD2, KI 3 menjadi KD3 dan KI 4 menjadi KD4.
Komponen keluasan penerapan minimal dalam KI menjadi pegangan bagi guru ketika mengembangkan RPP dan merealisasi RPP dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah, dan masyarakat. Untuk kelas I – III SD/MI penerapan kompetensi yang minimal adalah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. Di kelas IV – VI, terjadi perluasan dimana penerapan kompetensi tersebut juga pada waktu pergaulan dengan tetangga. Sebagai sesuatu yang minimal maka satu satuan pendidikan tertentu dapat mensyaratkan penerapan kompetensi yang dipelajari peserta didik lebih luas dari yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.

B.     Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang terdiri dari jenjang kemampuan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dan isi pelajaran yang dirancang sebagai materi untuk menguasai kompetensi. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dikembangkan dengan merujuk kepada Kompetensi Kompetensi Inti dan setiap KI memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan lain, KI 1 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan semangat beragama, KI 2 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan sikap personal dan sosial, KI 3 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan dan KI 4 memiliki KD yang berkenaan dengan penerapan pengetahuan yang dikembangkan KD 3.
Sebagaimana halnya dengan Kompetensi Inti, KD 1, 2, 3,dan 4 merupakan suatu kesatuan. Meski pun demikian, sesuai dengan sifat setiap Kompetensi Inti yang dirujuknya, KD 1 tidak memiliki konten spesifik mata pelajaran. Demikian pula halnya dengan KD 2 yang merujuk kepada Kompetensi Inti 2 yaitu sikap personal dan sosial. Kedua KD tersebut dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  dalam proses belajar mengenai KD 3 dan KD 4 yang dikembangkan melalui pendekatan proses belajar langsung (direct teaching). Dalam proses belajar tidak langsung tersebut materi pembelajaran KD 3 dan KD 4 menjadi materi yang juga digunakan untuk mengembangkan sikap beragama atau pun sikap personal dan sosial.
KD 3 merujuk ke KI 3 dan berisikan pengetahuan yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu mata pelajaran. KD 4 yang merujuk ke KI 4 berisikan penerapan dari pengetahuan yang dinyatakan dalam KD 3. Oleh karena itu keterkaitan antara KD 3 dan KD 4 bersifat garis lurus (linear) dan secara praktis dinyatakan dalam jumlah KD 3 yang sama dengan jumlah KD 4. Dalam hubungan ini KD 3 menjadi penentu isi dan jumlah KD 4.
Satu atau lebih KD 3 dan KD 4 dapat diorganisasikan dalam satu materi pokok. Dengan demikian, satu materi pokok dikembangkan dari KD 3 dan KD 4. Kedua kelompok KD tersebut menjadi satu kesatuan materi pelajaran yang dikembangkan dalam silabus. 

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud diatas mulai dari Kelas I sampai dengan Kelas VI sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut ini.


KELAS X


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mengamalkan  manifestasi  keyakinan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa
1.2.   Menghayati Triratna  sebagai pelindung
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1  Mengembangkan sikap pluralisme, inklusivisme,  dan toleransi dalam  lingkungan social
2.2  Mengembangkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan santun sebagai manifestasi keyakinan  agama Buddha
2.3  Mengembangkan  makna berlindung  kepada Triratna dan cara  merealisasikannya dalam  kehidupan  sehari-hari
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1  Merumuskan peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
3.2  Merumuskan peranan Agama Buddha dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
3.3  Mendeskripsikan berbagai fenomena kehidupan sesesuai  proses kerja hukum  tertib kosmis (niyama)
3.4  Mendeskripsikan sejarah  penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1  Menerapkan  ajaran agama Buddha dalam kehidupan bermasyakat
4.2  Menalar peranan Agama Buddha dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
4.3  Menalar berbagai fenomena kehidupan sesesuai  proses kerja hukum  tertib kosmis
4.4  Membuat peta konsep  tentang Tripitaka




KELAS XI


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati puja dan doa dalam kehidupan sehari-hari
1.2        Menghayati  hukum  Kebenaran  Mutlak sebagai hukum alam  yang  berlaku  universal
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1        Mengembangkan  Ucapan, Perbuatan  dan  Penghidupan Benar sebagai  praktik Jalan Mulia Berunsur Delapan
2.2        Mengembangkan  perilaku ramah lingkungan dan responsif sebagai bentuk kepedulian  lingkungan
2.3        Mengembangkan  perilaku  gotong royong, kerja sama, cinta damai, dan proaktif sebagai bentuk  kepedulian sosial

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1        Memahami aspek-aspek dan  pengklasifikasian sila
3.2        Mendeskripsikan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk  suatu  perbuatan
3.3        Merumuskan  puja terkait dengan budaya
3.4        Menganalisis berbagai fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1       Mengimplementasikan aspek-aspek sila sehingga menjadi manusia susila
4.2       Menalar kriteria baik-buruk suatu perbuatan
4.3       Mempraktikkan  puja dan  doa dalam  kehidupan sehari-hari
4.4       Menerapkan konsep hokum-hukum Kebenaran dalam aktivitas sehari-hari.




KELAS XII


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati perbuatan  dan  akibatnya dalam  kehidupan manusia berikutnya
1.2     Menghayati hidup penuh kesadaran (mindfulness) dalam kehidupan sehari-hari

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1     Mengembangkan sikap dan  perilaku manusia susila sebagai agen transformasi  masyarakat dalam  membangun  peradaban bangsa
2.2     Mengembangkan  perilaku disiplin dalam  melakukan Usaha, Perhatian, dan  Konsentrasi Benar  sebagai  praktik dari Jalan Mulia Berunsur Delapan
2.3     Menumbuhkan  Pandangan dan Pikiran Benar  sebagai pelaksanaan Jalan Mulia Berunsur Delapan

3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1     Mendeskripsikan konsep alam  semesta dan alam-alam kehidupan
3.2     Mendeskripsikan  konsep meditasi  pandangan  terang
3.3     Mendeskripsikan masalah-masalah  sosial ditinjau dari agama Buddha
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1     Membuat  peta konsep alam-alam kehidupan
4.2     Mempraktikkan  hidup penuh kesadaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3     Mengatasi  masalah-masalah kehidupan  sesuai dengan ajaran Buddha





BAB III
SILABUS



Silabus adalah rencana pembelajaran untuk satu matapelajaran di kelas tertentu untuk menjabarkan beberapa materi pokok atau tema tertentu. Silabus memuat komponen-komponen sebagai berikut:
Bagian 1 : Identitas
a.       Satuan Pendidikan
b.      Kelas/Semester
c.       Kompetensi Inti
Bagian 2 : Tabel silabus
a.       Kompetensi Dasar
b.      Materi Pokok
c.       Pembelajaran
d.      Penilaian
e.       Alokasi waktu
f.       Sumber belajar

Adapun silabus untuk matapelajaran pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti untuk SMA adalah sebagai berikut:




SILABUS MATA PELAJARAN: . PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SMA/SMK

Satuan Pendidikan         :   SMA

Kelas                            :  X

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Mengamalkan manifestasi keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa





1.2    Menghayati Triratna sebagai pelindung
2.1    Menunjukkan sikap pluralisme, inklusivisme,  dan toleransi dalam lingkungan sosial





2.2  Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan santun sebagai manifestasi keyakinan terhadap ajaran Buddha
2.3    Menghayati makna berlindung kepada Triratna dan cara  merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1    Merumuskan peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha


4.1  Menerapkan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat



Peranan  Agama, Tujuan Hidup, dan Perlindungan
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca berbagai  sumber tentang peran an agama, tujuan hidup, dan perlindungan dalam agama Buddha
Menanya:
·      Mempertanyakan seuatu untuk mendapatkan klarifikasi tentang peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan dalam agama Buddha

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan peranan agama, tujuan hidup dan perlindungan dalam agama Buddha
·      Mencari kisah-kisah para siswa yang telah mencapai tujuan

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang agama, tujuan hidup dan perlindungan dalam agama Buddha
·      Mencari hubungan antara peranan agama dan tujuan hidup umat manusia
Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang agama, tujuan hidup dan perlindungan dalam agama Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang agama, tujuan hidup dan perlindungan dalam agama Buddha

Tes:  menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang agama, tujuan hidup dan perlindungan dalam agama Buddha
9 x 3 jp
·   Buku Paket PAB SMA Kelas X
·   Buku Keyakinan Umat Buddha
·   Kitab Suci Tripitaka
·   Internet (jika tersedia)
3.2    Merumuskan peranan Agama Buddha dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya

4.2  Menalar peranan Agama Buddha dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
Peranan Agama Buddha dalam Kehidupan Modern
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca/melihat dari barbagai sumber tentang  peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern.
·      Menyimak lebih mendalam kehidupan masyarakat modern dewasa ini

Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern.

Mengeksperimenkan/ mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data informasi lanjutan terkait dengan peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern.

Mengasosiasi :
·      Informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan dan presentasi tentang peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang peranan Agama Buddha dalam kehidupan modern
9 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas X
·   Buku Keyakinan Umat Buddha
·   Buku Spektrum Ajaran Buddha
·   Internet (jika tersedia)
3.3    Mendeskripsikan berbagai fenomena kehidupan sesuai  proses kerja hukum  tertib kosmis (niyama)

4.3  Menalar berbagai fenomena kehidupan sesuai proses kerja hukum tertib kosmis (niyama)
Fenomena Kehidupan sesuai Proses Kerja Hukum Tertib Kosmis
Mengamati:
·      Menyimak peristiwa/ fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis.
·      Melihat gambar-gambar tentang fenomena alam.
Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasik dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan dan presentasi tentang fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis
·       
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang fenomena-fenomena alam dan fenomena kehidupan sebagai akibat dari hukum tertib kosmis
8 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas X
·   Buku Keyakinan Umat Buddha
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.4    Mendeskripsi-kan sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka

4.4  Membuat peta konsep  tentang Tripitaka
Kitab Suci Tripitaka
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka.
·      Mengamati kitab suci tipitaka (tek primer sebagai contoh bila memungkinkan).

Menanya:
·      Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data informasi lanjutan (contoh tipitaka online) terkait dengan sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet (tipitaka online) serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan dan peta konsep tentang sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang peta konsep Tripitaka

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang sejarah penulisan, ruang lingkup dan intisari Tripitaka
10 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas X
·   Wacana Buddha Dharma
·   Panduan Kitab Suci Tripitaka
·   Dhammapada
·   Internet (jika tersedia) dll.




SILABUS MATA PELAJARAN: . PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SMA/SMK

Satuan Pendidikan         :   SMA

Kelas                            :  XI

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.     Menghayati puja dan doa dalam kehidupan sehari-hari






1.2    Menghayati hukum kebenaran mutlak sebagai hukum alam  yang berlaku universal
2.1    Santun dalam  Ucapan, Perbuatan dan Penghidupan Benar sebagai  praktik Jalan Mulia Berunsur Delapan





2.2    Mengamalkan perilaku ramah lingkungan dan responsif sebagai bentuk kepedulian lingkungan
2.3    Peduli terhadap perilaku  gotong royong, kerja sama, cinta damai, dan proaktif sebagai bentuk kepedulian sosial
3.1    Memahami aspek-aspek dan pengklasifikasian sila

4.1  Meng-implementasikan aspek-aspek sila sehingga menjadi manusia susila
















Aspek dan Klasifikasi Sila
Mengamati
·      Menyimak dan membaca berbagai sumber tentang aspek-aspek dan pengklasifikasian sila

Menanya
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum jelas untuk mendapatkan klarifikasi tentang aspek-aspek dan pengklasifikasian sila

Mengeksperimenkan/ mengekslorasikan
·      Mengumpulkan informasi lanjutan terkait dengan aspek-aspek dan pengklasifikasian sila

Mengasosiasi
·      Mengasosiasikan dengan menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang aspek-aspek dan pengklasifikasian sila
·      Menghubungkan antara pelaksanaan sila dengan terciptanya manusia susila.

Mengkomunikasikan
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang aspek-aspek dan pengklasifikasian sila, sehingga menjadi manusia susila.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang implementasi aspek-aspek sila

Tes Tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang aspek-aspek dan pengklasifikasian sila
8 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas XI
·   Sila dan Vinaya
·   Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)
3.2    Mendeskripsikan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

4.2  Menalar kriteria baik-buruk suatu perbuatan
Perbuatan Baik dan Buruk
Mengamati:
·      Menyimak prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

Menanya:
·      Bertanya tentang hal-hal yang belum jelas untuk mendapatkan klarifikasi tentang prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mancari data lanjutan terkait dengan prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

Mengasosiasi:
·      Mengaitkan  informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.
Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang hasil pengamatan perbuatan baik dan buruk

.
Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang prinsip-prinsip normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan
10 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas XI
·   Wacana Buddha Dharma
·   Buku-buku lainnya

3.3    Merumuskan puja terkait dengan budaya

4.3  Mempraktikkan puja dan  doa dalam kehidupan sehari-hari



Puja dan Budaya
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca/melihat berbagai sumber tentang puja terkait dengan budaya
·      Melihat gambar/multimedia umat Buddha yang sedang melaksanakan Puja (sesuai budaya masing-masing daerah).

Menanya:
·      Mempertanyakan untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja terkait dengan budaya

Mengeksperimenkan/ mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data informasi lanjutan terkait dengan puja terkait dengan budaya.

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang puja terkait dengan budaya
·      Menghubungkan pelaksanaan puja terkait dengan budaya

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lain tentang puja terkait dengan budaya
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang hasil praktik pelaksanaan puja.

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang puja terkait dengan budaya
8 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas XI
·   Wacana Buddha Dharma
·   Buku Panduan Puja
·   Buku-buku lainnya

3.4    Menganalisis berbagai fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

4.4  Menerapkan konsep hukum-hukum Kebenaran dalam aktivitas sehari-hari

Proses Kerja Hukum Kebenaran Mutlak
Mengamati:
·      Mengamati fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

Menanya:
·      Bertanya tentang peristiwa-peristiwa yang kurang dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang berbagai fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data  informasi lanjutan terkait dengan fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan
·      Mencari data dari berbagai media cetak/elektronik/online tantang hal-hal atau peristiwa-peristiwa yang menunjukkan proses kerja hukum kebenaran.

Mengasosiasi:
·      Dengan menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan/kliping atau media lain tentang fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum Empat Kebenaran  Mulia, Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Tiga Corak Universal, dan Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang hasil pengamatan dan analisa fenomena dan kejadian berdasarkan proses kerja hukum-hukum kebenaran.

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang hukum-hukum kebenaran.
10 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMA Kelas XI
·   Hukum Karma Buddhis
·   Pandangan Sosial Agama Buddha
·   Spektrum Ajaran Buddha
·   Wacana Buddha Dharma






SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SMA/SMK

Satuan Pendidikan         :   SMA

Kelas                            :  XII

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati perbuatan dan akibatnya dalam kehidupan berikutnya





1.2    Menghayati hidup penuh kesadaran (mindfulness) dalam kehidupan sehari-hari


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1    Menunjukkan
 sikap dan perilaku manusia susila sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban
 bangsa





2.2    Mengamalkan perilaku disiplin dalam melakukan Usaha, Perhatian, dan Konsentrasi Benar sebagai praktik Jalan
Mulia Berunsur Delapan
2.3    Menghayati  pandangan dan pikiran benar sebagai pelaksanaan
Jalan Mulia Berunsur
 Delapan


3.1    Mendeskripsikan konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan

4.1  Membuat peta konsep alam-alam kehidupan
 Alam Semesta dan Alam Kehidupan
Mengamati:
·      Mengmati melalui membaca/melihat/menyimak dari berbagai sumber  tentang konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan

Menanya:
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum jelas untuk mendapatkan klarifikasi tentang konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data informasi lanjutan terkait dengan konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan.
·      Mengeksporasikan konsep alam dalam bentuk skema/diagram, dan lain-lain
Mengasosiasi:
·      Mengasosiakikan dengan menganalisis Informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan
Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan menurut pandangan agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang peta konsep alam-alam kehidupan

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan konsep alam semesta dan alam-alam kehidupan
8 x 3 jp
·     Buku Teks SMA Kelas XII
·     Buku Dasar Pandangan Agama Buddha
·     Buku Kosmologi Buddhis
·     Wacana Buddha Dharma

3.2    Mendeskripsikan konsep meditasi pandangan terang

4.2  Mempraktikkan hidup penuh kesadaran dalam kehidupan sehari-hari
Meditasi Pandangan Terang
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca  berbagai sumber tentang konsep dan praktik meditasi pandangan terang
·      melalui gambar/media lain tentang pelaksanaan menditasi pandangan terang
Menanya:
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum/kurang dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang konsep dan praktik meditasi pandangan terang

Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Mengumpulkan data  informasi lanjutan terkait dengan konsep dan praktik meditasi pandangan terang
·      Melakukan eksperimen/praktik meditasi pendangan terang

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis Informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang konsep dan praktik meditasi pandangan terang
·      Menghubungakan praktik meditasi pandangan terang dengan tujuan akhir umat Buddha.
Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain  tentang konsep dan praktik meditasi pandangan terang
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang praktik meditasi pandangan terang

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan konsep meditasi pandangan terang
10 x 3 jp
·     Buku Teks SMA Kelas XII
·     Buku Vipassana Bhavana
·     Buku Wacana Buddha Dharma

3.3    Mendeskripsikan masalah-masalah sosal ditinjau dari agama Buddha

4.3  Mengatasi masalah-masalah kehidupan sesuai dengan ajaran Buddha

Masalah-masalah sosal ditinjau dari agama Buddha
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca/melihat peristiwa tentang masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha

Menanya:
·      Mempertanyakan tentang masalah yang belum diketahui untuk mendapatkan klarifikasi tentang masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
Mengeksperimenkan/mengekslorasikan:
·      Memngumpulkan data informasi lanjutan terkait dengan masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
·      Merumuskan cara mengatasi masalah sesuai ajaran Buddha
Mengasosiasi:
·      Dengan menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
Mengkomunikasikan:
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lain tentang masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan
Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang cara mengatasi masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam meng-analisis dan mengidentifikasikan masalah-masalah sosial ditinjau dari agama Buddha
14 x 3 jp
·     Buku Teks SMA Kelas XII
·     Buku Pandangan Sosial Agama Buddha
·     Wacana Buddha Dharma



Tidak ada komentar:

Posting Komentar