Jumat, 21 Februari 2014

KURIKULUM 2013 SMP


 






KURIKULUM 2013

Sekolah Menengah Pertama




MATA PELAJARAN:
 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI













KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jakarta, 2013





BAB I
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR


A.    Kompetensi Inti

Isi Kurikulum 2013 dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (Kompetensi Dasar). Kompetensi Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan merupakan kualitas minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk setiap mata pelajaran. Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi pembelajaran, dan ruang lingkup penerapan  kompetensi yang dipelajari.  Jenjang kompetensi dalam KI meningkat untuk kelas-kelas berikutnya, KI tidak memuat konten khusus mata pelajaran tetapi konten umum yaitu fakta, konsep, prosedur,  metakognitif dan kemampuan menerapkan pengetahuan yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Perluasan penerapan kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam KI, dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan global.Dalam desain Kurikulum 2013, Kompetensi Inti berfungsi sebagai pengikat bagi Kompetensi Dasar. Dalam fungsi sebagai pengikat maka setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas harus mengacu kepada Kompetensi Inti.

Kompetensi Inti terdiri atas empat dimensi yang satu sama lain terkait, terdiri atas sikap beragama, sikap personal dan sosial, pengetahuan, dan penerapan pengetahuan masing disebut sebagai KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.. Keempat dimensi tersebut harus tercantum dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP. Lebih lanjut, keempat dimensi tersebut memiliki posisi yang berbeda dalam proses pembelajaran dimana KI 1 dan KI 2 dikembangkan dalam proses pendidikan di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan luar sekolah) dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Sedangkan KI 3 dan KI 4 dikembangkan oleh masing-masing mata pelajaran dalam pendekatan pembelajaran  langsung. 

KI 3 dirancang berfokus pada pengembangan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) dalam jenjang kemampuan kognitif dari mengingat hingga menciptakan. KI 4  merupakan perencanaan kegiatan belajar untuk menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang terintegrasi atau pun terpisah. Terintegrasi mengandung arti bahwa proses pembelajaran KD 3 dan KD 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas, laboratorium mau pun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa pembelajaran mengenai KD 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KD 4.Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten Kompetensi Dasar untuk KI 3 dan Kompetensi Dasar untuk KI 4. 
Kompetensi Inti 1 (KI 1) berkenaan dengan sikap dan perilaku beragama. KI 2 berkenaan dengan sikap personal dan sosial. KI 3 berkenaan dengan pengetahuan dan KI 4 adalah penerapan dari pengetahuan yang dipelajari di KI 3. KI 1 dikembangkan menjadi KD 1, KI 2 dikembangkan menjadi KD2, KI 3 menjadi KD3 dan KI 4 menjadi KD4.
Komponen keluasan penerapan minimal dalam KI menjadi pegangan bagi guru ketika mengembangkan RPP dan merealisasi RPP dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah, dan masyarakat. Untuk kelas I – III SD/MI penerapan kompetensi yang minimal adalah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. Di kelas IV – VI, terjadi perluasan dimana penerapan kompetensi tersebut juga pada waktu pergaulan dengan tetangga. Sebagai sesuatu yang minimal maka satu satuan pendidikan tertentu dapat mensyaratkan penerapan kompetensi yang dipelajari peserta didik lebih luas dari yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.

B.     Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang terdiri dari jenjang kemampuan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dan isi pelajaran yang dirancang sebagai materi untuk menguasai kompetensi. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dikembangkan dengan merujuk kepada Kompetensi Kompetensi Inti dan setiap KI memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan lain, KI 1 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan semangat beragama, KI 2 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan sikap personal dan sosial, KI 3 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan dan KI 4 memiliki KD yang berkenaan dengan penerapan pengetahuan yang dikembangkan KD 3.
Sebagaimana halnya dengan Kompetensi Inti, KD 1, 2, 3,dan 4 merupakan suatu kesatuan. Meski pun demikian, sesuai dengan sifat setiap Kompetensi Inti yang dirujuknya, KD 1 tidak memiliki konten spesifik mata pelajaran. Demikian pula halnya dengan KD 2 yang merujuk kepada Kompetensi Inti 2 yaitu sikap personal dan sosial. Kedua KD tersebut dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  dalam proses belajar mengenai KD 3 dan KD 4 yang dikembangkan melalui pendekatan proses belajar langsung (direct teaching). Dalam proses belajar tidak langsung tersebut materi pembelajaran KD 3 dan KD 4 menjadi materi yang juga digunakan untuk mengembangkan sikap beragama atau pun sikap personal dan sosial.
KD 3 merujuk ke KI 3 dan berisikan pengetahuan yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu mata pelajaran. KD 4 yang merujuk ke KI 4 berisikan penerapan dari pengetahuan yang dinyatakan dalam KD 3. Oleh karena itu keterkaitan antara KD 3 dan KD 4 bersifat garis lurus (linear) dan secara praktis dinyatakan dalam jumlah KD 3 yang sama dengan jumlah KD 4. Dalam hubungan ini KD 3 menjadi penentu isi dan jumlah KD 4.
Satu atau lebih KD 3 dan KD 4 dapat diorganisasikan dalam satu materi pokok. Dengan demikian, satu materi pokok dikembangkan dari KD 3 dan KD 4. Kedua kelompok KD tersebut menjadi satu kesatuan materi pelajaran yang dikembangkan dalam silabus. 

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud diatas mulai dari Kelas I sampai dengan Kelas VI sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut ini.


KELAS VII


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menghayati empat sifat luhur sebagai hakikat sifat Ketuhanan dalam agama Buddha.
1.2         Menghayati Pancasila Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.1         Menghayati identitas agama dan umat Buddha.
3.2         Mengembangkan perilaku toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan.
3.3         Menghayati peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1         Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
3.2         Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha
3.3         Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha
3.4         Memahami peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1         Melaksanakan Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
4.2         Membuat lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha
4.3         Menceriterakan peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma


KELAS VIII


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menghayati makna kotbah pertama dalam kehidpan sehari-hari
1.2         Menghargai jasa para pejuang dhamma
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.1         Menghayati  khotbah pertama dalam kehidpan sehari-hari
3.2         Menghayati  perilaku tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1         Mendeskripsikan isi khotbah pertama Buddha
3.2         Mendeskripsikan riwayat para siswa utama dan para pendukung Buddha
3.3         Memahami puja, tempat-tempat suci, dan Dharmayatra
3.4         Memahami  sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.

4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1         Membuat tulisan agama Buddha terkait  isi khotbah pertama Buddha
4.2         Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha
4.3         Melaksanakan  puja di tempat-tempat suci dan waktu dhammayatra.
4.4         Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.


KELAS IX


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Menghayati perilaku disiplin melakukan meditasi ketenangan batin dalam kehidupan sehari-hari
1.2   Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1   Memiliki perilaku santun dan peduli, disiplin dalam kehidupan sehari-hari
2.2   Menghargai kewajiban timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat
2.3   Menghargai penegakkan hak asasi manusia dan kesetaraan gender
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender.
3.2  Mendeskripsikan peranan agama Budha untuk memelihara perdamaian
3.3 Memahami peristiwa Buddha parinibbana
3.4 Memahami cara pengembangan ketenangan batin.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.Membuat tulisan tentang agama Buddha yang terkait dengan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender
4.2  Menceriterakan kisah Buddha untuk menciptakan perdamaian
4.3 Menceriterakan peristiwa Buddha parinibbana
4.4 Mempraktikan pengembangan ketenangan batin.



BAB III
SILABUS



Silabus adalah rencana pembelajaran untuk satu matapelajaran di kelas tertentu untuk menjabarkan beberapa materi pokok atau tema tertentu. Silabus memuat komponen-komponen sebagai berikut:

Bagian 1 : Identitas
a.       Satuan Pendidikan
b.      Kelas/Semester
c.       Kompetensi Inti
Bagian 2 : Tabel silabus
a.       Kompetensi Dasar
b.      Materi Pokok
c.       Pembelajaran
d.      Penilaian
e.       Alokasi waktu
f.       Sumber belajar

Adapun silabus untuk matapelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti  untuk SMP  adalah sebagai berikut:




SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan         :   SMP

Kelas                            :  VII

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


                Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati empat sifat luhur sebagai hakikat sifat Ketuhanan dalam agama Buddha.





1.2    Menghayati Pancasila Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
2.1    Menghayati identitas agama dan umat Buddha





2.2  Mengembangkan perilaku toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan
2.3    Menghayati peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
3.1.  Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
4.1    Melaksanakan Pancasila Buddhis dan Pancadhamma

Pancasila-Pancadhamma.
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang materi pembelajaran Pancasila-Pancadhamma

Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Pancasila-Pancadhamma

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Pancasila-Pancadhamma

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Pancasila-Pancadhamma
·      Mencari hubungan antara Pancasila Buddhis dan Pancadhamma

Mengkomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Pancasila-Pancadhamma
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang Pancasila-Pancadhamma

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang Pancasila-Pancadhamma
8 x 3 jp








·   Buku Teks PAB SMP Kelas VII
·   Buku Pancasila dan Pancadhamma





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.2. Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha
4.2. Membuat lambang-lambang sebagai identitas agama Buddha

Identitas Agama Buddha
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang  identitas Agama Buddha
Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang identitas Agama Buddha,

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan  identitas Agama Buddha,
·      Berkretivitas membuat simbol-simbol agama Buddha

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang identitas Agama Buddha

Mengkomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain  tentang identitas Agama Buddha, Kriteria Agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang identitas Agama Buddha

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang identitas Agama Buddha

9 x 3 jp











·   Buku Teks PAB SMP Kelas VII
·   Gambar simbol-simbol Agama Buddha
·   Internet (jika tersedia)






Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.3. Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha
4.3. Menceritakan kriteria Agama Buddha di Indonesia

Kriteria Agama Buddha dan umat Buddha
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kriteria agama Buddha, dan umat Buddha

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan kriteria Agama Buddha, dan umat Buddha

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Mengkomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang kriteria Agama Buddha dan umat Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang kriteria Agama Buddha, dan umat Buddha


Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang kriteria Agama Buddha, dan umat Buddha

8 x 3 jp





·   Buku Teks PAB SMP Kelas VII
·   Wacana Buddha Dharma
·   Vijja Dhamma
·   Internet (jika tersedia)





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.4. Memahami peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma

4.4. Menceriterakan peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan pemutaran roda dhamma
Tujuh Minggu setelah Pencapaian Kebuddhaan
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan Pangeran Siddharta
Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pembahasan tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan
Mengkomunikasikan:
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang peristiwa tujuh minggu setelah pencapaian kebuddhaan.

10 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMP Kelas VII
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Buku Riwayat Agung Para Buddha
·   Internet (jika tersedia)

SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI


Satuan Pendidikan         :   SMP

Kelas                            :  VIII

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



                Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.     Menghayati makna khotbah pertama dalam kehidpan sehari-hari





1.2.     Menghargai jasa para pejuang dhamma
2.1.   Menghayati  khotbah pertama dalam kehidpan sehari-hari
2.2.     Menghayati  perilaku tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha






3.1    Mendeskripsikan isi khotbah pertama Buddha
4.1.   Membuat tulisan agama Buddha terkait  isi khotbah pertama Buddha

Khotbah pertama Buddha
Mengamati:
·      Mengamati melalui buku atau sumber lainnya tentang pembabaran khotbah pertama Buddha di Taman Rusa Isipatana
·      Menyimak gambar Dhammek Stupa yang dibangun oleh Raja Asoka

Menanya
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum jelas atau belum dipahami  untuk mendapatkan klarifikasi tentang khotbah pertama Buddha

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Khotbah pertama Buddha

Mengasosiasi
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Khotbah pertama Buddha

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang khotbah pertama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang khotbah pertama Buddha


Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang khotbah pertama Buddha
8 x 3 jp

·   Buku Teks PAB SMP Kelas VIII
·   Dhammacakka pavatana Sutta
·   Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)





                Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.2   Memahami riwayat para siswa utama dan para pendukung Buddha

4.2    Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha


Para Siswa Utama, dan Pendukung Buddha
Mengamati
·      Mengamati melalui berbagai sumber  tentang para siswa utama dan pendudkung Buddha
Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

Mengekspresikan/Mengekplorasikan
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan para  siswa utama dan pendukung Buddha

Mengasosiasi
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pera siswa utama dan pendukung Buddha

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang para siswa utama dan pendukung Buddha

10 x 3 jp








·   Buku Teks PAB SMP Kelas VIII
·   Buku Siswa-siswa utama
·   Internet (jika tersedia)




                Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.3.    Memahami puja, tempat-tempat suci, dan Dharmayatra
4.3       Melaksanakan  puja di tempat-tempat suci dan waktu dhammayatra
Puja dan Tempat Ziarah Agama Buddha
Mengamati:
·      Mengamati melalui berbagai sumber tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
·      Melakukan puja dalam kehidupan sehari-hari
Mengasosiasi:
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang  puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya  tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha
·       
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang puja dan tempat-tempat ziarah  agama Buddha

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang puja dan tempat-tempat ziarah agama Buddha

10 x 3 jp







·   Buku Teks PAB SMP Kelas VIII
·   Buku Puja
·   Gambar tempat tempat suci, dll
·   Internet (jika tersedia)
3.4.    Memahami  sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.
4.4      Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman penjajahan dan kemerdekaan.

Sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengamati:
·      Mengamati melalui berbagai sumber tentang Khotbah sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Menanya:
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Khotbah pertama, siswa utama, puja, sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengasosiasi:
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara
Mengkomunikasikan:
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara

8 x 3 jp
·   Buku Teks PAB SMP Kelas VIII
·   Sejarah Perkembangan agama Buddha di Indonesia
·   Internet (jika tersedia)




SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan         :   SMP

Kelas                            :  IX

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


                Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati perilaku disiplin melakukan meditasi ketenangan batin dalam kehidupan sehari-hari





1.2    Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari
2.1    Memiliki perilaku santun dan peduli, disiplin dalam kehidupan sehari-hari





2.2    Menghargai kewajiban timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat
2.3    Menghargai penegakkan hak  asasi manusia dan kesetaraan gender
3.1    Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender.
4.1.    Membuat tulisan tentang agama Buddha yang terkait dengan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan gender

 Peranan agama Buddha terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang Hak asasi manusia
Menanya
·      Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Hak asasi manusia.

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Hak asasi manusia,

Mengasosiasi:
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Hak asasi manusia

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Hak asasi manusia
·       
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang Hak asasi manusia,

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan Hak asasi manusia
9 x 3 jp


·    Buku Teks PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)
3.2    Mendeskripsikan peranan agama Budha untuk memelihara perdamaian
4.2.    Menceriterakan kisah Buddha untuk menciptakan perdamaian

Agama Buddha untuk perdamaian,
Mengamati
·      Mengamati melalui membaca buku atau sumber lain tentang peranan agama Buddha terhadap perdamaian,

Menanya
·      Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan peranan agama Buddha untuk terciptanya, perdamaian

Mengasosiasi
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian
·      Mencari hubungan sifat malu berbuat jahat dan takut akibatnya dengan terciptanya perdamaian

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peranan agama Buddha untuk perdamaian
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang peranan agama Buddha untuk , perdamaian,

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan peranan agama Buddha untuk  perdamaian

8 x 3 jp







·    Buku Teks PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Internet (jika tersedia)
3.3.    Memahami peristiwa Buddha parinibbana
4.3.    Menceriterakan peristiwa Buddha parinibbana

 Buddha Parinibbana
Mengamati:
·      Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang peristiwa Buddha Parinibbana
·      Menyimak gambar Buddha Parinibbana
Menanya:
·      Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Buddha Parinibbana

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan Buddha Parinibbana

Mengasosiasi:
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Buddha Parinibbana
Mengkomunikasikan:
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Buddha Parinibbana
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang Buddha Parinibbana

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan Buddha Parinibbana
6 x 3 jp








·    Buku Teks PAB SMP Kelas IX
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Internet (jika tersedia)
3.4.    Memahami cara pengembangan ketenangan batin

4.4.    Mempraktikan pengembangan ketenangan batin

 Pengembangan ketenangan batin
Mengamati:
·      Melihat tayangan gambar/video  tentang praktik pengembangan ketenangan batin

Menanya:
·      Mempertanyakan persoalan yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengembangan ketenangan batin.

Mengekspresikan/Mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pengembangan ketenangan batin.
·      Mempraktikkan meditasi dengan objek yang sesuai

Mengasosiasi:
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pengembangan ketenangan batin

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang pengembangan ketenangan batin
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan/karya peserta didik tentang pengembangan ketenangan batin

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan pengembangan  ketenangan batin

8  x 3 jp
·    Buku Teks PAB SMP Kelas IX
·   Buku Meditasi/Bhavana
·   Internet (jika tersedia)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar